Rabu, Januari 30, 2013

POS UN 2013

BSNP telah mengeluarkan Peraturan Nomor 0020/P/BSNP/I/2013 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2013 pada tanggal 29 Januari 2013.
Dengan mencermati isi dari POS maka kita akan mendapatkan kepastian jawaban atas pertanyaan, “Betulkah setiap siswa dalam satu ruangan akan mendapatkan soal yang berbeda ?” atau “Betulkah jumlah paket soal ada 20 ?” .

 Berikut jawaban atas pertanyaan tersebut (kutipan dari POS UN 2013) ;
....

III. BAHAN UJIAN NASIONAL
A. Penyusunan Kisi-Kisi Soal

Penyelenggara UN Tingkat Pusat menyusun kisi-kisi soal berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. menetapkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan untuk menyusun kisi-kisi soal;
2. melakukan validasi kisi-kisi soal dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
3. menetapkan kisi-kisi soal UN yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal UN pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

B. Penyiapan Bahan Ujian Nasional
1. Penyelenggara UN Tingkat Pusat membuat master copy naskah soal UN dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. mengidentifikasi dan memilih butir-butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2012/2013;
b. merakit naskah soal UN dengan memperhatikan sebaran tingkat kesukaran soal;
c. menyiapkan bahan UN dalam bentuk Braille bagi peserta UN tunanetra;
d. menyiapkan naskah soal UN yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama untuk setiap peserta dalam satu ruang ujian untuk UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C;
e. menyiapkan 5 (lima) Paket soal UN yang berbeda khusus untuk SMPLB, SMALB, Program Paket C Kejuruan, dan Program Paket B/Wustha dan 1 (satu) Paket Soal untuk Program Paket A/Ula;
f. menyiapkan bahan UN Bahasa Inggris listening comprehension
....

Pada bagian lain isi POS ditulis bahwa Soal UN dan LJUN merupakan satu paket yang tak terpisahkan. Siswa akan mendapatkan LJUN bersamaan dengan Soal. Hal ini berbeda dengan UN-UN sebelumnya, dimana pengawas terlebih dahulu membagikan LJUN baru kemudian Soal. Kalau pada UN-UN sebelumnya dengan mudah kita mendapatkan LJUN cadangan, tapi untuk kali ini sepertinya tidak.

Dengan POS UN yang sekarang, sepertinya pemerintah ingin meminimalisir terjadinya kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Jika Anda ingin mendapatkan POS Ujian Nasional 2013 klik POS UN 2013

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | Re-Design by DedySmaim